Hai Sahabat Iqro diamanapun berada, percaya gak sih kalo mimpin
rapat itu sebenarnya mudah.. tapi... gak semua orang bisa loh.. buktinya
walaupun udah ikut organisasi bertahun-tahun tapi kalo mimpin rapat masih bikin
bingung, gak mau kan kalo abiz rapat ternyata yang diajak rapat pada gak tau
harus ngapain, atau mungkin kalian juga pernah ngalami sendiri, rapat
berjam-jam tapi usai rapat gak ada yang dikerjain.. iih capek dech...
Nah... agar rapat efektif dan efisien, masErvan ada tips nih,
simak ya!
1.
Sebelum rapat dimulai, tentukan
agenda rapat terlebih dahulu.. jangan lupa tambahkan agenda lain-lain karena
bisa jadi ada informasi yang perlu disampaikan dari para anggota rapat
2.
Sepakati berapa lama rapat dilaksanakan,
misalnya mulai jam 9 pagi dan selesai jam 11
3.
Buat susunan acara mulai dari
pembukaan hingga penutup
4.
Lakukan pembahasan satu persatu
sesuai agenda yang disepakati, misalnya ada 3 agenda pembahasan maka bahas
sesuai urutan agenda mulai nomor 1 hingga 3
5.
Jangan membahas agenda yang kedua
sebelum agenda pertama selesai dan begitu seterusnya, tapi kalo agenda 1 mentok
boleh lewat dulu
6.
Tuliskan agenda rapat dan hasil
pembahasannya di white board, hal ini berfungsi agar jika ada anggota rapat
yang terlambat bisa langsung mengikuti dan kita tidak perlu mengulang apa yang
sudah dibahas (upayakan ada white board)
7.
Jika semua sudah selesai
dilakukan pembahasan, tanyakan ke forum apakah ada tanggapan dan pertanyaan
tapi tetap berpedoman pada waktu yang telah disepakati, jika waktunya sudah
abiz sampaikan ke forum mau diperpanjang berapa menit rapatnya
8.
Jika sudah tidak ada tanggapan
dan pertanyaan bacakan kembali hasil rapat yang sudah disepakati
9.
Setelah itu tutup dech.. eitt..
jangan lupa bagikan print out hasil rapatnya ke masing-masing anggota atau
departemen yang mewakili (usahakan tempat rapat disekretariat Organisasi jadi
bisa langsung diprint dan pastikan Sekretaris mencatat semua hasil rapat)
Gampangkan..?
semoga bermanfaat N selamat “MENCOBA”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar